Amankah Ibu Hamil Cat Rambut

Amankah Ibu Hamil Cat Rambut?

Meskipun sedang hamil, pasti setiap wanita tetap ingin tampil cantik dan menawan kan? Salah satu cara yang cukup banyak menjadi pilihan adalah mewarnai rambutnya. Baik dengan warna yang terlihat natural maupun menggunakan warna yang mencolok.

Akan tetapi, mungkin Anda pernah mendengar terkait adanya larangan mengecat rambut pada saat hamil. Hal tersebut dikarenakan adanya bahan kimia yang terkandung dalam pewarna rambut. Dimana zat tersebut dianggap akan membahayakan janin.

Lalu, sebenarnya amankah ibu hamil cat rambut? Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya mari simak penjelasannya berikut ini.

Sesuai penelitian yang dilakukan oleh American Pregnancy Association menunjukkan, bahan kimia yang terkandung di dalam cat rambut baik yang permanen maupun yang semi permanen tidaklah begitu berbahaya. Sehingga cat rambut tersebut masih tergolong aman jika digunakan oleh ibu hamil.

Baca juga: amankah ibu hamil cabut gigi

Bahkan menurut sebagian kecil penelitian, hanya ada sedikit pewarna rambut yang mampu menyerap ke dalam kulit secara sempurna. Kebanyakan hanya sampai di permukaan sehingga tidak akan terserap sampai ke janin. Kalaupun ada, pasti hanya sedikit sekali bahan kimia yang mampu bertahan hingga ke janin.

Hal tersebut juga turut didukung oleh seorang dokter sekaligus staf di Mayo Clinic yakni Yvonne Butler Tobah, M.D.. beliau mengatakan bahwasannya kulit hanya akan menyerap cat rambut dan produk perawatan lain dalam jumlah sangat terbatas.

Lain halnya jika terdapat infeksi atau luka yang terjadi pada kulit kepala. Dengan adanya luka atau iritasi tersebut bisa membuat penyerapan bahan kimia dari cat rambut lebih banyak dibanding dengan jumlah biasanya.

Nah, untuk mengatasi kekhawatiran Anda saat akan menggunakan pewarna rambut maka sebaiknya gunakanlah pewarna rambut yang terbuat dari bahan alami dan aman. Dr. Fitzgeraldo Sanchez yang merupakan seorang direktur Dermatologi di Maiden Lane Medical, New York menyarankan agar Anda menggunakan pewarna rambut alternatif yang bahannya terbuat dari sayur-sayuran, misalnya saja henna.

Selain menggunakan henna, Anda juga bisa meminimalisir penyerapan zat kimia dengan memilih teknik pewarnaan rambut yang biasa disebut balayage. Teknik pengecatan rambut yang satu ini tidak sampai menyentuh ke bagian akar rambut. Maka dari itu akan tetap aman dan rambut Anda pun tetap bisa diwarnai sesuai dengan keinginan.

Jadi, secara garis besar jawaban dari pertanyaan amankah ibu hamil cat rambut adalah aman. Hanya saja akan lebih aman lagi jika bunda memilih pewarna rambut yang alami sehingga akan mengurangi adanya resiko zat kimia mengenai kulit.

Belum ada Komentar untuk "Amankah Ibu Hamil Cat Rambut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel