Amankah Ibu Hamil Minum Air Jahe


Jahe susu dipercaya turun-temurun sebagai minuman yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi minuman herba ini jarang digunakan oleh ibu hamil. Sebenarnya, amankah ibu hamil minum air jahe? Sedang air jahe sendiri menjadi obat efektif untuk mengatasi mual pada ibu hamil.

Untuk lebih jelasnya, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Jahe Untuk Ibu Hamil

Sejak berabad-abad, jahe dikenal sebagai minimal tradisional yang mampu mengatasi beragam keluhan penyakit. Salah satu manfaat jahe untuk ibu hamil adalah dijadikan obat untuk mengatasi mual dan muntah, terutama pada fase pertama kehamilan. Dimana wanita yang hamil muda biasanya akan merasa mual, muntah dan susah menelan makanan. Keadaan ini bisa Anda atasi dengan mengkonsumsi air jahe.

Baca juga: amankah ibu hamil makan nasi goreng?

Khasiat jahe berasal dari senyawa alami yang bernama gingerol dan shagaol. Kedua senyawa ini berkhasiat untuk mempercepat pengosongan lambung, dan meredakan keluhan mual pada ibu hamil.

Sebagian besar ahli kesehatan berpendapat bahwa dosis aman jahe untuk mengatasi mual pada ibu hamil adalah 1000-1500 mg per hari. Mengonsumsi jahe melebihi dosis ini dinilai tidak efektif dan berisiko menimbulkan efek samping.

Menimbang Risiko Air Jahe Untuk Ibu Hamil

Amankah ibu hamil minum air jahe? Sebenarnya aman jika dikonsumsi dalam dosis yang normal seperti yang telah dijelaskan di atas. Meski memiliki banyak khasiat, jahe memiliki beberapa efek samping yang perlu Anda pertimbangkan. Efek samping ringan dari konsumsi jahe ini seperti mulas, nyeri ulu hati, iritasi mulut dan juga diare.

Jahe juga memiliki efek samping untuk dikonsumsi ibu hamil, yaitu seperti berat badan lahir bayi yang rendah dan juga dapat mengakibatkan keguguran jika mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Meski demikian, risiko terjadi hal tersebut masih sangat rendah. Selain itu, mengkonsumsi air jahe secara berlebihan juga dapat mempengaruhi hormone seks bayi dan meningkatkan risiko bayi meninggal.

Selain untuk mengatasi rasa mual pada ibu hamil, jahe juga mampu mengatasi beberapa keluhan lainnya seperti diabetes, radang nyeri, kram menstruasi, penyakit asam lambung, dan juga  penyakit Alzheimer.

Itulah beberapa manfaat air jahe untuk ibu hamil dan risiko yang dapat ditimbulkan jika mengkonsumsinya secara berlebihan. Jadi, pertanyaan amankah ibu hamil minum air jahe? Jawabannya adalah aman selama mengkonsumsinya dalam batasan wajar. Sebaiknya Anda juga mengkonsultasikan dulu dengan dokter spesial kandungan untuk meminimalisir risiko makanan selama masa kehamilan.

Belum ada Komentar untuk "Amankah Ibu Hamil Minum Air Jahe"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel